PROFINET ATAU PROFIBUS ?


Hari ini, meskipun beda brand yang notabene beda protokol tetapi antar PLC yang sama atau beda brand bisa berkomunikasi dengan protokol standard yang ditetapkan, misalnya : OPC, Modbus, DeviceNet, Foundation Fieldbus, Profibus, Profinet, dsb.

Profibus

Profibus dan profnet merupakan merupakan protocol yang sering digunakan dalam di dalam sistem otomasi. Profinet mempunyai kecepatan pengiriman data lebih cepat dibanding profibus. Kecepatan data sangat dibutuhkan oleh sistem data collection pada MA ada ( manufacturing execution system).
Karena data tidak hanya berasal dari satu mesin, atau satu jenis produk. MES melakukan auto data collection terhadap seluruh fasilitas produksi. Jika salah satu data ngelag, maka akan mempengaruhi performansi sistem secara keseluruhan.

Profibus profibus DA(DecentraliSasi Peripheral) profibus PD, profisafe, Profidrive, profibus D9 dll.
Profibus DP menggunakan rs485 keuntungan dari profibus DP yakni mempunyai komunikasi yang sangat umum dan dapat di koneksi dengan berbagai merk. Penggunaan profibus DP untuk modul input/output, sensor drive, PLC dan sebagainya.

Profinet 

Profinet adalah protokol berbasis industrial komunikasi ethernet mempunyai kecepatan Pengiriman data mencapai gigabyte provinsi dan provinsi mempunyai kesamaan an sebagai protokol komunikasi namun provinsi mempunyai 2 prioritas yakni profinet untuk IO input/output dan profinet untuk component-based automation.
Komunikasi rs485 sebagai profibus mempunyai kecepatan Pengiriman data maksimal 12 megabyte per second sedangkan profinet menggunakan ethernet mempunyai kecepatan Pengiriman data mencapai gigabyte.

Jika anda dihadapkan pada kontrol PLC, sebaiknya komunikasi dipersiapkan ke ethernet connection dalam hal ini profinet. Dengan demikian fitur auto data  collection terhadap semua fasilitas produksi dan fasilitas mesin dapat dilakukan dengan baik.
OEE, oee, oee adalah, rumus oee, metode oee, oee mesin, oee solution, contoh menghitung oee, oee benchmark data, oee calculation, example, oee industry, vmtech, perusahaan vmtech, vmtech software, victor harefa, industry 4.0, rockwell automation, wonderware, efactory, IIOT, IOT, Edge computing, Edge cloud, mttr, mtbf, machine, mesin, suhu, akuisisi data mesin, packing, cokote, minor stop,scada system, apa itu mes, mes adalah

Comments

Popular posts from this blog

Ciri-ciri lantai produksi butuh OEE

The Basic difference between PLC and Microcontroller